Strategi Dakwah Rasulullah

Judul                : Islam & Dakwah

Penulis              : Prof. H.M. Toha Yahya Omar, MA

Penerbit            : Zakia Islami Press

Cet                   :  Pertama, 2004

Tebal                :  xiii + 249 hlm.

Harga               :  Rp. -

 

Strategi Dakwah Rasulullah

 

Dakwah adalah sebuah seni mengajak orang untuk menempuh jalan kebenaran. Karena itu dakwah harus dikemas menggunakan strategi dan metodologi yang tepat sehingga orang dapat tertarik dengan apa yang di dakwahkannya.

 

Upaya untuk mempengarui pikiran seseorang atau masyarakat bukanlah suatu kemustahilan, bahkan dengan nilai-nilai yang bertentangan dengan mereka sekalipun, asalkan apa yang disampaikan dapat masuk ke dalam pikiran mereka dan membuka cakrawalanya yang selama ini tertutup. Dengan demikian persoalannya adalah bagaimana strategi dan metode yang tepat untuk menyampaikan dakwah kepada masyarakat agar tepat sasaran dan efektif?

 

Tidak ada contoh yang lebih sempurna sepanjang sejarah umat manusia tentang orang-orang yang berhasil dalam dakwahnya kecuali dakwah Rasulullah SAW. Rasulullah telah mampu mengislamkan jazirah Arab dalam waktu yang sangat singkat. Padahal sebelumnya masyarakat Arab memiliki keyakinan yang sangat berbeda dengan Islam, bahkan pada awalnya mereka menentang kehadiran Rasulullah dan ajaran yang di bawanya.

 

Tapi kenapa pada akhirnya Rasulullah berhasil dalam dakwahnya? Inilah sebuah pelajaran yang harus diteladani umat Islam sepeninggalan Rasulullah. Karena keberhasilan beliau tidak lepas dari ketepatan strategi dan metodologi yang beliau gunakan.

 

Buku ini menggambarkan bagaimana strategi dan metodologi Rasulullah dalam berdakwah di tengah-tengah masyarakat Arab Jahiliyah yang tidak beradab dan penyembah berhala, tetapi Rasulullah berhasil mengubah pola pikir mereka dari paganisme menjadi penyembah Allah dan dari kebiadaban menjadi beradab.

 

About these ads

10 Comments

  1. saya sedang membuat penelitian tindakan kelas yang berjudul pengaruh pemutaran film the massage terhadap peningkatan pemahaman materi sejarah rasulullah saw bagi siswa sma negeri 5 karawang. oleh karena itu saya mohon bapak untuk memberikan informasi kelengkapan sejarah dakwah nabi. sekian terima kasih. dan mohon dikriim ke alamat tersebut. gusp@inet.doc.id

  2. sejak nabi muhammad saw menerima wahyu di gua hiro dan mendapat wahyu yang pertama yaitu surat al ‘alaq ayat 1 sampai dengan ayat 5 hingga akhir ayat yang turun yaitu surat al maidah ayat 3, maka lengkaplah ajaran islam. saat nabi muhammad saw meninggal, hampir saja sahabat ‘umar bin khattab tidak percaya atas kematiannya. hingga mengambil pedang dan mengucap akan memenggal leher siapa saja yang menyatakan bahwa nabi muhammad telah mati. kemudian sahabat abu bakar ash shiddiq r.a berusaha untuk menenangkan umar bin khattab dan menyatakan, barangsiapa yang menyembah nabi muhammad, beliau telah meninggal dan barang siapa yang menyembah Tuhan yang menciptakan Muhammad saw Dia masih hidup dan tidak mati.
    Rasulullah saw. telah berwasiat bahwa Aku telah meninggalkan dua perkara, jika berpegang kepada keduanya maka tidak akan tersesat selama-lamnya yaitu al qur’an dan assunah. zaman sahabat telah tiada, zaman tabi’in telah tiada. zaman tabiut tabi’in dalam sekian generasi telah tiada. namun Allah telah memberikan warisan kepada para ‘ulama sebagai pewaris para nabi. Diantara para ‘ulama yang berhasil mengeluarkan istinbat didalam memutuskan suatu hukum dalam masalah agama diantaranya 4 madzhab yaitu imam Malik, imam Syefei, imam Hanafi dan imam hanbali. Ke empat imam tersebut saling melengkapi dan tidak ada pertentangan.
    Masalah yang timbul terjadinya pengkotak-kotakan khususnya di Indonesia dengan hadirnya penjajah yang mengurus Mr Snouck dengan menyamar haji Abdul Ghofar, maka rusaklah tatanan kehidupan masyarakat Indonesia yang berbuntut pada khilafiyah dan telah berurat berakar sejak dahulu.
    Jika tidak merujuk pada ke empat imam tersebut di atas, maka sulitlah berkembang kehidupan masyarakat islam di Indonesia.

    • trimksh atas comentnya. 1. yang namanya khilafiah itu tidak hanya ada di Indonesia, bahkan sdh sejak zaman nabi khilafiah sdh mulai ada, jadi itu hal yang biasa dan lumrah. nah, soal lambannya perkembangan islam, bukan hanya di Indonesia, bukan karena persoalan khilafiahnya, tp lebih karena fanatisme bermadzhabnya. jika masyarakat muslim dapat menerima kebenaran hadis iskhtifu ummati rahmah, tentu akan menjadi tonggak kekuatan perkembangan dunia muslim ke depan. 2. soal perlengkapan sejarah nabi saya kira banyak sekali buku-bukunya, di antaranya sirrah nabawiyah……. mohon maaf kami tdk mengirimkan buku2 mash berbentuk file, silahkan saja cari ditoko2 buku, dan alangkah baiknya jika masih berbentuk asli bahasa arab agar dapat menangkap keontetikan sebuah narasi bukunya.

  3. mencari figur seperti kanjeng nabi Muhammad saw bisa ada dan bisa belum ditemukan. Menerangkan kondisi yang sesungguhnya keteladanan seperti Rasulullah jika tidak ada model padanannya, menjadi bias. Sehingga timbul anggapan pada anak, seperti siapa contoh manusia yang sama dengan kanjeng nabi Muhammad saw. Jika telah ditemukan modelnya, alangkah baiknya, kehidupan pribadinya dapat diekspose agar siswa dapat meneladaninya, sehingga tidak akan menyimpang. terima kasih atas informasinya. gusp@inet.com

  4. terimksh mas subandi.
    apa yg anda persoalkan persis seperti keterangan yg pernah saya dengar dari org2 syiah… bahwa figur yg menyamai Nabi itu harus ada. Nah, yg mengharuskannya ada itu siapa? oleh sebab itu dalam koridornya org syiah tidak dibolehkan menganut madzhab imam yg sudah meninggal karena imam tersebut sudah wafat dan tidak akan bisa menjawab persoalan-persoalan lagi. secara akal memang sangat rasional. akan tetapi dalam aqidah ahlu sunnah telah mengatakan Nabi Saw adalah sebaik2 makhluq yg kehebatannya tidak akan ada yg mampu menyamai apalagi menandingi.

    saya sepakat bahwa tanpa adanya figur riel didepan mata yg bisa dianut memang agak sulit utk mengimplementasikannya. akan tetapi gedung yg berdiri tegak, megah dan indah yg dapat anda saksikan skrg ini pada mulanya hanya sebuah goresan pengetahuan yg dilukiskan dalam gambar. oleh sebab itu, walaupun tdk adanya kehadiran manusia sprt Rasulullah di hari ini bukan berarti bias. karena akhlaq beliau telah banyak ditulis gambarkan diberbagai kitab-kitab. trimakasih. smoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s