Kumpulan Khatbah tentang Korupsi

Judul                : Menolak Korupsi; Membangun Kesalehan Sosial

Penulis              : KH. Ali Yafie, KH. Masdar F Mas’udi, KH. Musthofa Bisri dkk

Penerbit            : P3M

Cet                   :  Pertama, 2006

Tebal                :  xvi + 152 hlm.

Harga               :  Rp. 20,000,-

 

Kumpulan Khatbah tentang Korupsi

 

Ketika Pancasila dan segala bentuk peraturan resmi telah terbukti tidak mampu membentuk dan mengembangkan norma serta budaya anti korupsi, maka pertanyaan akan dialihkan ke arah agama. Apakah agama (terutama yang penganutnya mayoritas Islam) telah mandul? Mengapa korupsi terus berbiak makin ganas, meskipun masjid-masjid terus dibangun, ratusan ribu jamaah haji tiap tahun pergi ke tanah suci, dan di mana-mana pengajian makin ramai? Mengapa kesalehan ritual yang terus meningkat tidak dibarengi dengan tumbuhnya kesalehan sosial?

 

Pertanyaan ini sudah dijawab melalui berbagai cara. Biasanya jawaba itu berkisar: pertama, karena agama telah jatuh ke jurang formalisme. Kelima rukun Islam misalnya, dijalankan hanya untuk memenuhi niat, syarat dan rukunnya, sehingga menjadi amalan kering dan mekanis. Sholat tidak dijalankan dengan mengutamakan tujuannya, yakni mampu encegah hal yang keji dan mungkar. Sehingga orang bisa rajin sholat, tapi juga rajin korupsi, dsb.

 

Kedua, pengaruh budaya materialistik yang melanda seluruh dunia yang telah mengubah kehidupan bendawi menjadi berhala, bahkan dijadikan tuhan baru. Hanya sebagian amat kecil umat Islam yang selamat dari gempuran budaya materialistik ini. Sehingga agama, yang harus diterima atas dasar iman kepada hal-hal yang ghaib dan menomorduakan duniawi, jadi tersisih.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s