Membangun Masa Depan Bangsa

Judul                : Cendikiawan Penguasa

Penulis              : H.M Jurlan

Penerbit            : Elsas

Cet                   : Pertama, 2007

Tebal                :  xi + 255 hlm.

Harga               : Rp. 55.500,-

 

Membangun Masa Depan Bangsa

 

Setiap manusia mempunyai tingkat apresiasi yang berbeda-beda terhadap kebudayaannya. Cukup sulit menemukan sebuah catatan panjang tentang latar belakang kebudayaan tertentu yang dapat dijadikan pisau anlisa untuk mengenal diri sendiri. Kesulitan ini wajar saja mengingat tidak semua orang merasa perlu untuk mengenal dirinya sendiri. Akibatnya seringkali kelompok tertentu, termasuk suku dan bangsa tertentu, tidak mampu merekayasa masa depannya sendiri.

 

Berangkat dari pemikiran ini adalah penting suatu kelompok mempunyai sejarah kebudayaannya sendiri sehingga mereka mampu merekontruksi masa depannya secara lebih baik dengan berpijak pada masa lalunya.

 

Membaca buku ini kita akan dihadapkan pada sebuah produk estetik dan intlektual yang berasal dari kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi, juga politik Indonesia dengan latar belakang budaya Bugis-Makasar. Catatan dalam buku ini cukup memberikan dimensi simbolik dan ekspresif kehidupan sosial. Buku ini ditulis oleh orang mengalami langsung dengan realitas kehidupan Bugis-Makasar, sehingga tiap membincang suatu kasus, diselipkan pengalaman yang secara mudah dapat dipahami sebagai bagian dari budaya yang dalam pendekatan antropologis dapat dikaitkan dengan sistem simbol lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s