Membangun Peradaban Islam

Judul                : Peradaban Islam

Penulis              : Sultan Fathoni

Penerbit            : Elsas

Cet                   : Kedua, 2007

Tebal                :  xx + 196 hlm.

Harga               : Rp. 47.500,-

 

Membangun Peradaban Islam

 

Islam sangat menghargai ilmu pengetahuan sehingga menjadi lumrah apabila karakter khas peradaban Islam adalah konsentrasi terhadap pembangunan ilmu pengetahuan. Pembangunan dunia pendidikan merupakan instrumen memperkuat basis keilmuan. Bagi umat Islam, pendidikan merupakan sarana penting upaya pemberdayaan manusia dan penanaman nilai-nilai kemanusiaan yang pada gilirannya akan menciptakan suasana dan tata kehidupan masyarakat yang beradab dan berperadaban, atau kalau dalam istilahnya Alex Inkeles di sebut manusia modern. Menurutnya, pendidikan merupakan faktor terpenting yang mencirikan manusia modern. Satu tahun pendidikan mampu menaikkan dua sampai tiga poin skala modernisasi dari nol sampai seratus. Dalam perspektif Islam, pendidikan Islam tidak hanya sebagai sarana pencapaian tujuan-tujuan sosial ekonomi, tapi juga meningkatkan spiritualitas manusianya.

 

Dewasa ini, umat Islam tidak mungkin menutup diri dan hidup secara ekseklusif. Langkah strategis untuk mempersiapkan hidup di era global adalah memperkuat dunia pendidikannya. Sehingga bangunan interaksi umat Islam dengan komponen masyarakat lain adalah pola komunikasi yang terorganisir.

 

Buku ini berupaya mengurai tradisi berfikir di kalangan umat Islam dari masa ke masa hingga terkontruk sebuah pola transformasi ilmu pengetahuan yang unik, natural, berani bahkan terkadang radikal. Buku ini mengajak pembacanya untuk mengetahui peradaban Islam sehingga dapat diharapkan mampu mendorong civitas akademika untuk lebih berperan dalam mencari format transformasi ilmu pengetahuan yang efektif, relevan, efisien dan berkualitas.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s