Sebuah Pilihan Tepat dalam Memahi Islam

Judul                : Menuju Islam Rasional

Penulis              : Abul Qasim al-Khu’i

Penerbit            : Hawra

Cet                   :  Pertama, 2003

Tebal                :  xi +182 hlm.

Harga               :

 

Sebuah Pilihan Tepat dalam Memahi Islam

 

Mengapa sekarang banyak agama yang menjadi onggokan dogma, mitos, dan doktrin belaka? Apa tolok ukur yang paling mungkin untuk menentukan agama yang paling benar dan legitimate serta mana yang menyimpang? Rangkaian persoalan ini semakin penting untuk dijawab seiring dengan kian derasnya perubahan berbagai sektor kehidupan masyarakat dewasa ini akibat perkembangan teknologi dan industri.

 

Peter L. Berger berpendapat bahwa selain berwawasan normatif (ideologis) sebuah agama agar legitimate harus berwawasan kognitif dan intlek. Dengan itu, agama akan terhindar dari proses pembusukan. Itulah yang akan membuatnya mampu bertahan dan merespon setiap tantangan perubahan sosial dalam skala apapun secara rasional.

 

Bagaimana dengan Islam yang telah mengklaim dirinya sebagai agama paripurna (al-Maidah: 5)? Buku yang di tulis Abul Qasim al-Khu’I ini merupakan sebuah jawabannya, selain juga akan menguraikan secara gamblang prinsip-prinsip yang terkandung dalam Islam. Mulai dari kebutuhan intlek manusia hingga kebutuhan praksis sosialnya. Buku ini menawarkan jalan alternatif menuju pemahaman komprehensif yang berbeda dengan biasanya sering kita dengar dan baca. Jalan tengah yang diambilnya akan mengatasi kebuntuan doktrin sektarian yang seringkali membuat kemacetan laju peradaban Islam. secara cerdas buku ini akan mengajak anda untuk mengamati panorama konsep rasionalias Islam yang selama ini terabaikan, kalau tidak boleh dikatakan dipasung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s