And God Knows The Soldier:

Judul                : Melawan “Tentara Tuhan” yang Berwenang dan Sewenang2 ….

Penulis              : Prof. Khaled M. Abou El Fadl.

Penerbit            : Serambi, Jakarta

Cet                   : Pertama, 2003

Tebal                :  287 hlm.

Harga               : Rp. ,

 

 

Bertolak dari studi kasus tentang seorang pebola basket muslim yang menolak berdiri ketika lagu kebangsaan Amerika dinyanyikan, khaled M. Abou El-Fadl bertutur tentang menjamurnya otoritarianisme dalam diskursus muslim kontemporer. Kesewenang-wenangan yang mewejud dengan mengangkangi otoritas teks suci itu adalah bagian dari kecenderungan puritan dan despotic yang mewabah di era Islam modern. Inilah sebuah bentuk kepahlawanan agama yang mengancam menyapu bersih kekayaan dan keragaman khazanah warisan peradaban Islam. Dengan mengklaim sebagai bala tentara Tuhan, gerakan-gerakan puritan itu tidak segan-segan memberangus pemikiran kritis dan mengosongkan Islam dari ajaran-ajaran moralnya.

 

Di hadapan ancaman otoritarianisme semacam itulah Khalid Abou El Fadl tampil untuk menyelamatkan diskursus dari perlakuan semena-mena dan arogan yang menghentikan diskusi dan perbincangan. Khaled hendak menegakkan kembali otoritas teks suci keagamaan dan mengeksplorasi metodologi yang dapat menghindarkan penafsir dari jebakan otoritarianisme tersebut. Perjalanannya ke arah itu sungguh memukau, memperlihatkan penguasaannya yang luar biasa atas tradisi hokum dan warisan khazanah Islam masa lalu, mendemontrasikan kepiawaiannya menyusur alur dan menata logika.

 

Kemampuan Khaled Abou El Fadl dalam mengakses khazanah klasik tidak perlu diragukan. Posisinya sebagai guru besar UCLA membuat ia juga bersentuhan dengan berbagai persoalan komtemporer. Lulusan Yale dan Princeton ini mampu menguraikan nilai-nilai Islam klasik dalam konteks modern. Ia di sebut-sebut sebagai “an enlightened paragon of Liberal Islam. (Nadirshah Hosen, Pakar Perbandingan Mazhab dan Asisten Direktur Program Pasca Sarjana IIQ, Jakarta).

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s