Psikologi Pendidikan

Judul Buku       : Psikologi Pendidikan

Penulis              : Drs. Wasty Soemanto, M.Pd.

Penerbit            : PT. Rineka Cipta, Jkt.

Tebal                : xiv + 241 hal.

 

Dengan pesatnya tekhnologi pendidikan dan ilmu pengetahuan, maka terjadi pula perubahan pesat dalam bidang pendidikan. Berbagai peralatan teknologi elektronik dan computer mulai banyak digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Pengaruh penggunaan computer yang paling cepat adalah segera membukanya dinding penyekat setiap mata pelajaran serta bagian-bagian pengetahuan ke arah medan keseluruhan, menembus keseluruhan kesadaran, ini semua merealisir cara belajar Gestalt. Salah satu bahaya pengajaran ini adalah kecenderungan pelaksanaan aktifitas belajar secara mekanis dan humanistis. Dengan kata lain, ada kekhawatiran akan diabaikannya psikologi dalam pendidikan.

 

Untuk mengatasi kekhawatiran ini, cara yang dilakukan antara lain membawa anak didik kepada keaktifan yang lebih tinggi, baik fisiologis maupun psikologis. Dengan demikian pendidikan yang dijalankan hendaknya lebih melayani kebutuhan dan hakikat psikologis anak didik. Karena belajar mengajar merupakan prilaku intim yang saling berinteraksi antara pendidik dan anak didik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s