Pantau Surat Suara

Jum’at, 13 Maret 2009 ]

REMBANG-Panwas Pemilu Kabupaten Rembang terus memantau droping logistik, untuk pemilu 9 April 2009 yang dilakukan KPU setempat. Salah satu logistik pemilu yang dipantau adalah droping surat suara, termasuk teknis pelipatannya. Untuk itu, Panwaslu menginginkan, agar droping logistik pemilu dan pelipatan surat suara sesuai aturan yang telah ditentukan. “Jangan sampai pelipatan surat suara menyalahi ketentuan yang berlaku,” ungkap Ketua Panwaslu Rembang, Ahmad Roghib Mawardi.

 Pihaknya sudah menginstruksikan Panwascam dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) untuk mengawasi secara aktif terkait droping logistik pemilu. Utamanya pelipatan surat suara. Apakah dalam proses tersebut ditemukan pelanggaran atau tidak. Seperti cara melipat yang tidak sesuai aturan, surat suara yang cacat atau pelanggaran lain. Roghib yang juga dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Al Kamal (STAIKa) Sarang itu menegaskan, hingga kemarin (12/3) belum ada laporan yang menyebutkan adanya pelipatan surat suara yang salah. Karena itu, panwas akan terus melakukan pengawasan terkait pelipatan surat suara tersebut. Sementara itu, tokoh masyarakat Lasem, Wiwik Dwiyono mengungkapkan, surat suara yang begitu lebar bisa menguntungkan sejumlah partai politik (parpol) tertentu.

Partai yang diprediksi mendapat keuntungan akibat lebarnya surat suara pemilu adalah partai politik yang nomor urutnya berada di halaman pertama begitu surat suara dibuka. Menurut prediksinya, banyak pemilih akan enggan membuka secara total semua surat suara. Bagi sebagian pemilih awam, diprediksi ada yang mengambil jalan pintas. Yakni, hanya membuka sebagian kertas saja. Karena hanya membuka sebagian, sehingga hanya parpol tertentu yang kelihatan. “Pemilih yang kemampuannya terbatas, bisa jadi mereka akan mencontreng parpol yang terlihat saja. Karena mereka kebingungan mencari parpol pilihannya,” ungkapnya. Selain itu, untuk mengembalikan lipatan kertas suara juga tidak gampang. Sehingga pihaknya memprediksikan bahwa banyak pemilih yang akan kebingungan saat mengembalikan lipatan kertas suara. (sol/joe)

sumber: http://www.jawapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s