Sekolah Swasta di Aceh Singkil belum Terima Dana BOS

ACEH SINGKIL–MICOM: Sekolah swasta setingkat SD dan SMP di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh belum menerima dana  Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan pertama.

Jumlah dana BOS yang masih tertahan itu sebesar Rp1.088.192.000, untuk 12  sekolah swasta tersebar di berbagai kecamatan setempat. Hal itu dikhawatirkan terganggu proses belajar mengajar dan pelaksanaan ujian akhir.

Padahal, batas waktu pencarian dana BOS triwulan pertama seharusnya selesai pada Januarai-Maret 2011, sekarang telah berakhir. Sedangkan sekolah negeri di  babupaten setempat telah menerima dana batuan opersional itu sebagaimana   mestinya.

Para pengelola sekolah swasta dan dewan guru merasa seperti didiskriminatif  terhadap bantuan itu.  Kebutuhan sekolah yang seharusnya sudah dibeli terpaksa tertunda, karena belum ada biaya. Bahkan kebutuhan operasional sekolah  yang dianggap sangat mendesak, sekarang berutang pada toko langganan.

Pemerhati masalah pendidikan dan sosial keluarga di Aceh, Nurbaiti, kepada mediaindonesia.com,  Kamis (7/4), mengatakan, seharusnya pemerintah atau pihak Dinas  Pendidikan tidak mengulur-ulur penyaluran dana BOS termasuk kepada sekolah  swasta.

Apalagi sekolah swasta di Aceh umumnya krisis dana atau kekurangan fasilitas  belajar mengajar. Sekolah ini sering mengandalkan bantuan berbagai pihak dari  pada memperoleh perhatian pemerintah.

“Walaupun status swasta, tetapi membutuhkan fasilitas sama seperti sekolah  negeri. Mereka mengemban tanggungjawab besar untuk mencerdaskan kehidupan  bangsa. Status sering dianggap rendah dan sering terpinggirkan, tetapi  manfaatnya kadang lebih besar,” kata Nurbaiti.

Kepala Dinas Pendapatan Keuangan dan Kekayaan Daerah Aceh Singkil, Nasjudin,  Rabu (6/4) mengatakan, pihaknya telah megajukan surat perintah pembayaran (SP2D)  dana BOS triwulan pertama sekolah swasta ke Bank tempat pembayaran.

Jika belum  terbayar, mungkin sedang dalam proses. BOS untuk sekolah swasta adalah masuk dalam pos belanja hibah. (OL-12)

sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/04/07/216079/293/14/Sekolah-Swasta-di-Aceh-Singkil-belum-Terima-Dana-BOS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s